Kompas.com - 02/08/2013, 21:23 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com - Komisioner Hak Asasi Manusia (HAM) Parlemen Ukraina Valeria Lutkovska memerintahkan pemberian izin bagi mantan Perdana Menteri (PM) Yulia Tymoshenko untuk berobat ke luar negeri. "Tak ada alasan untuk menahan seorang berobat ke luar negeri meski dia menjadi tersangka,"katanya di Kyiv sebagaimana warta AP pada Jumat (2/8/2013).

Tymoshenko mendekam di penjara sejak Oktober 2011. Proses peradilan menunjukkan dia bertindak di luar hukum saat proses pembelian gas pada 2009 dari Rusia.


Kini Tymoshenko berusia 52 tahun. Selama di penjara, ia mengalami sakit di punggung.  

Selama ini, Tymoshenko dirawat oleh dokter dari Ukraina dan Jerman. Ia mendapat perawatan di Timur Kharkov.

Yulia Tymoshenko mengeluh lantaran sakit di punggungnya kian menjadi-jadi. Makanya, ia meminta operasi khusus di luar Ukraina.

Pada Juni 2013, Menteri Luar Negeri Jerman Guido Westerwelle sempat menawarkan perawatan lanjutan untuk Tymoshenko. Dalam penawaran itu, Yulia Tymoshenko bakal dirawat di Berlin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.