Kompas.com - 01/08/2013, 22:34 WIB
EditorErvan Hardoko

LONDON, KOMPAS.com — Lulusan jurusan matematika ditawari dana 20.000 poundsterling atau sekitar Rp 300 juta bila bersedia menjadi guru di berbagai lembaga pendidikan lanjutan di Inggris.

Dana ini disediakan Kementerian Bisnis, Keterampilan, dan Inovasi dan akan mulai tersedia September mendatang.

Skema ini diluncurkan untuk meningkatkan kemampuan matematika kalangan muda di Inggris yang masuk ke pasar kerja.

"Banyak perusahaan yang mengatakan sulit menemukan anak-anak muda dengan kemampuan bahasa dan matematika yang bagus," kata Vince Cable, menteri yang membidangi bisnis, keterampilan, dan inovasi.

"Kemampuan matematika dan bahasa tidak hanya diperlukan ketika seseorang masuk universitas. Kemampuan ini juga penting bagi mereka yang ingin magang atau ingin bekerja," kata Cable.

Pejabat di kementerian ini, Matthew Hancock, menambahkan insentif uang ini diharapkan akan mendorong lulusan matematika terbaik terjun di berbagai lembaga pendidikan dan meningkatkan standar kemampuan matematika para peserta didik.

Serikat guru mengatakan skema ini menunjukkan tidak banyak lulusan matematika yang tertarik menjadi guru.

Selain menawarkan insentif Rp 300 juta bagi mereka yang ingin menjadi guru matematika, pemerintah juga menawarkan skema serupa untuk lulusan bahasa Inggris, tetapi nilainya "hanya" 9.000 poundsterling atau sekitar Rp 140 juta.

Survei terbaru pemerintah menunjukkan dari 8,1 juta orang yang masuk dalam kategori usia kerja tidak memiliki kemampuan matematika yang memadai.

Angka ini setara dengan 24 persen dari total angkatan kerja sementara 5,1 juta orang atau 15 persen mengaku memiliki kesulitan dalam berbahasa Inggris.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.