Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/08/2013, 20:17 WIB
EditorErvan Hardoko
HANOI, KOMPAS.com — Pemerintah Vietnam menerbitkan aturan baru yang melarang para bloger dan pengguna media sosial membagi berita-berita aktual secara online.

Menurut aturan baru itu, blog dan media jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter hanya bisa digunakan untuk kepentingan dan bertukar informasi personal.

Undang-undang yang ditandatangani PM Nguyen Tan Dung pada Rabu (31/7/2013) malam itu menegaskan, pengguna internet dilarang menggunakan jejaring sosial untuk bertukar informasi khususnya berita-berita terbaru.

"Pengguna sosial media tidak diperkenankan membagi informasi umum dari koran, kantor berita atau situs berita pemerintah," kata Kepala Departemen Radio, TV, dan Informasi Elektronik Hoang Vinh Bao.

Sejauh ini belum jelas bagaimana aturan itu akan dilaksanakan atau hukuman bagi pelanggarnya.

Undang-undang yang mulai berlaku pada September mendatang juga melarang penyedia jasa internet memberikan informasi yang menyerang Vietnam, membahayakan keamanan, dan kesatuan nasional.

"Aturan ini berusaha untuk memberangus kebebasan internet," kata Shawn Crispin dari Komite Perlindungan Jurnalis.

Namun, Pemerintah Vietnam membantah aturan ini diterbitkan untuk membatasi kebebasan warga menggunakan internet.

"Aturan baru ini ditujukan untuk membantu pengguna internet mencari informasi yang benar dan bersih di internet," kata Wakil Menteri Informasi dan Komunikasi, Le Nam Thang.

Di Vietnam, yang oleh organisasi Reporters Without Borders dijuluki "musuh internet", tidak terdapat media swasta. Semua harian dan televisi di negeri itu dimiliki pemerintah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.