Kompas.com - 31/07/2013, 14:56 WIB
EditorErvan Hardoko
DAMASKUS, KOMPAS.com — Di tengah kecamuk perang saudara yang sudah memakan korban lebih dari 100.000 orang tewas, Presiden Suriah Bashar al-Assad membuka akun Instagram.

Lewat situs yang menjadi ajang penggunanya berbagi foto, Assad berusaha menampilkan sisi lain dirinya sebagai sosok humanis, dekat dengan rakyat, dan penuh cinta kasih.

Kantor kepresidenan Suriah sebelumnya sudah memiliki akun YouTube, Facebook, dan Twitter. Dan kini Instagram menjadi cara baru untuk Assad dan pendukungnya menunjukkan "kebaikan" sang pemimpin.

"Kami mencintaimu," salah seorang pengguna Instagram mengomentari salah satu foto kegiatan Bashar al-Assad.

Di antara sejumlah foto yang diunggah ke situs ini, terlihat istri Assad, Asma mengenakan pakaian informal sedang berdiskusi serius dengan sejumlah remaja.

Di foto lain terlihat Asma sedang mengusap air mata seorang anak kecil.

Namun, akun Instagram Assad "menolak" adanya komentar-komentar negatif.

"Bashar Assad memblokir saya di Instagram," kata seorang aktivis anti-Assad.

Sementara itu, juru kampanya Amnesti Internasional Kristyan Benedict mengatakan, untuk Assad foto-foto yang diunggah ke Instagram memiliki arti yang sangat penting.

"Dalam satu tingkatan tidak mengejutkan jika menemukan sebuah pemerintah, bahkan yang paling menindas seperti rezim Damaskus, menggunakan media jejaring sosial untuk menunjukkan pandangan mereka yang sempit tentang dunia.

"Tapi tak akan ada foto, kicauan Twitter atau status Facebook yang bisa menghilangkan noda dalam pemerintahan Suriah," ujar Benedict.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Al Arabiya
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.