Kompas.com - 31/07/2013, 10:34 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com — Protes para pendukung presiden terguling Muhammad Mursi merebak kembali di jalan-jalan Kairo. Pemicunya, kebrutalan polisi menangani para demonstran, tulis laman resmi Kairo, Ahram, pada Rabu (31/7/2013).

Massa bergerak dari Ramses Square dan Masjid Al Nour. Tujuannya adalah Rabaa Al Adawiya Square.

Sementara, ratusan pendemo juga bertolak dari Al-Nahda Square di depan Universitas Kairo. Para
demonstran itu melanjutkan perjalanan ke depan Kantor Kedutaan Besar Arab Saudi dan Uni Emirat Arab. Mereka bakal memprotes kedua negara itu. "Arab Saudi dan Uni Emirat Arab mendukung militer yang melengserkan Mursi," kata mereka.

Sementara itu, bentrokan terjadi antara perempuan pengunjuk rasa pro-Mursi di Ismailia. Pengunjuk rasa mengusung keranda sebagai bentuk protes. Insiden bentrokan itu, kata polisi, melukai 18 orang.

Kelompok pendukung Mursi juga bergerak ke Kantor Kementerian Pertahanan. Namun, langkah mereka terhalang barikade kawat berduri.

Pengunjuk rasa pro-Mursi ini didukung oleh Aliansi Nasional Pendukung Legitimasi. Aliansi ini didominasi oleh Ikhwanul Muslimin. "Kami mengecam polisi yang bersikap kasar dalam unjuk rasa damai," kata pernyataan aliansi itu.

Sejak Mursi dilengserkan pada 3 Juli 2013, kelompok pendukungnya tak henti-henti melakukan aksi protes. Alhasil, lantaran terjadi bentrokan pada semua unjuk rasa, sedikitnya 300 nyawa hilang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.