Kompas.com - 30/07/2013, 13:15 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com - Militer Nigeria di kawasan Tenggara negeri itu menangkap 42 orang terduga anggota kelompok Boko Haram. Menurut warta AP pada Selasa (30/7/2013) mengutip Komandan Divisi 81 Angkatan Darat Nigeria Mayor Jenderal Obi Umahi penangkapan dilakukan dalam dua kali operasi pada 12 dan 23 Juli lalu. "Mereka yang tertangkap terkait dengan Boko Haram dan ada yang terlubat dalam operasi mematikan kelompok itu,"kata Umahi.

Penyelidikan militer, imbuh UMahi, juga menemukan kalau beberapa dari terduga bertanggung jawab dalam insiden pembunuhan tentara dan warga sipil di Maiduguri, Borno.

Sampai kini, penangkapan dilakukan di berbagai tempat seperti Lagos dan Ogun. "Kami tengah menelusuri asal senjata kelompok Boko Haram,"tutur Umahi.

Militer Nigeria dalam beberapa waktu silam melakukan operasi menumpas kelompok radikal tersebut. Banyak anggota Boko Haram tewas dalam serangan militer di kawasan Utara Nigeria.
Boko Haram memang berbasis di kawasan tersebut.

Mei lalu, Presiden Nigeria Goodluck Jonathan mengumumkan tiga negara bagian yakni Adamawa, Yobe, dan Borno dalam keadaan darurat. Pasalnya, serangan kekerasan oleh Boko Haram di situ membunuh banyak warga sipil. Nama Boko Haram acap diterjemahkan sebagai "pendidikan Barat terlarang".    

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.