Kompas.com - 29/07/2013, 22:59 WIB
EditorErvan Hardoko
ROMA, KOMPAS.com — Paus Fransiskus menegaskan, kelompok gay seharusnya jangan dimarjinalkan, tetapi mereka harus diintegrasikan ke dalam masyarakat.

Pernyataan itu disampaikan Paus Fransiskus dalam wawancara selama 80 menit dengan para wartawan dalam pesawat terbang yang membawanya kembali ke Roma setelah melakukan kunjungan selama sepekan di Brasil.

Dalam pembicaraan itu, Paus juga menegaskan dia sebagai seorang agamawan tidak memiliki hak untuk menghakimi kelompok gay.

"Jika seseorang yang kebetulan gay dan memiliki niat baik kemudian mencari Tuhan, siapakah saya ini sehingga bisa menghakimi dia?" ujar Paus.

Paus mencoba membela kelompok gay dari diskriminasi. Paus juga merujuk para katekisma universal Gereja Katolik, yang mengatakan orientasi homoseksual bukanlah dosa, melainkan perilaku homoseksual adalah dosa.

"Katekisme Gereja Katolik menjelaskan masalah ini dengan gamblang. Mereka jangan didiskriminasi karena orientasinya. Mereka malah harus diintegrasikan ke dalam masyarakat," tambah dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Reuters
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.