Kompas.com - 29/07/2013, 00:29 WIB
|
EditorBNJ

NICE, KOMPAS.com - Seorang pria bersenjata berhasil menggondol perhiasan senilai 40 juta Euro atau sekitar Rp 530 miliar dalam sebuah aksi pencurian yang berani disiang hari.

Aksi pencurian ini berlangsung di sebuah eksebisi permata di French Riviera, Cannes, Perancis, hari Minggu (28/7/2013). Jika nilai perhiasan yang dicuri ini benar, maka merupakan yang kedua terbesar di Perancis selama ini.

Kantor berita AFP hari Minggu mengutip pihak penyidik melaporkan, ekseibishi pertama ini berlangsung di Carlton Hotel yang merupakan tempat jalan plesir di Cannes. Kota Cannes juga dikenal sebagai tuan rumah festival film tahunan Cannes yang sangat terkenal.

Pihak otoritas menegaskan, aksi pencurian ini berlangsung sekitar pukul 12.00 siang dengan sasaran eksebisi berjudul "Extraordinary Diamonds" yang diadakan rumah perhiasan Leview.

Pencuri tunggal itu berhasil mengelabuhi petugas keamanan dan lolos dengan sebuah tas kecil berisi perhiasan. Polisi termasuk pada detektif terpaksa didatangkan dari kota terdekat Nice di mana semua hotel dan lalulintas terpaksa ditutup sementara untuk pencarian di pencuri tadi.

Manajemen Carlton Hotel menolak berkomentar saat dihubungi pihak AFP seraya mengatakan, "mereka semua mendapat instruksi untuk tidak berbicara apapun".

Carlton Hotel merupakan lokasi dari film "To Catch a Thief," karya Alfred Hitchcock tahun 1955, yang memenangkan Piala Oscar. Film ini dibintangi Cary Grant dan Grace Kelly.

Permata yang dicuri ini merupakan salah satu yang terbesar di Perancis untuk saat ini. Pencurian permata terbesar di Perancis berlangsung tahun 2008 di mana tiga pria mengambil hampir semua permata yang dipamerkan dalam eksebishi perhiasan di Paris dengan nilai total mencapai 80 juta euro.

Cannes beberapa kali mengalami aksi pencurian termasuk saat festival film Cannes di mana artis dan selebritis dari seluruh dunia datang untuk merayakan festival film tahunan itu.

Bulan Mei lalu saat festival itu berlangsung, menjelang fajar seorang pencuri mengambil perhiasan senilai 1,4 juta dollar AS, yang dipinjamkan untuk para bintang film.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.