Kompas.com - 28/07/2013, 05:39 WIB
EditorErvan Hardoko
ISTANBUL, KOMPAS.com — Rasa saling curiga memang bisa menuntun ke perbuatan-perbuatan yang aneh. Salah satunya terjadi di Turki.

Pemerintah Turki menahan seekor burung karena mencurigai hewan itu menjadi mata-mata untuk Israel.

Namun, Turki kemudian membebaskan burung itu setelah pemeriksaan sinar X membuktikan burung tersebut tidak membawa peralatan spionase.

Burung sejenis alap-alap itu mengundang kecurigaan aparat keamanan Turki karena sebuah cincin logam di kakinya tercetak kata-kata "24311 Tel Avivunia Israel".

Akibat tulisan inilah, warga desa Altinavya yang menemukan burung tersebut menyerahkannya kepada pemerintah setempat.

Selanjutnya, burung itu dibawa ke rumah sakit sebuah universitas lokal untuk menjalani pemeriksaan sinar X untuk memastikan apakah burung itu membawa mikrocip atau alat penyadap.

Setelah dipastikan, burung itu tak membawa alat-alat spionase. Pemerintah Turki akhirnya melepaskan binatang tersebut. Kisah unik ini sempat menjadi berita utama harian Milliyet edisi Jumat (26/7/2013).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Reuters
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.