Kompas.com - 27/07/2013, 20:39 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com - Paus Fransiskus menantang para uksup sedunia untuk keluar dari gereja. Paus kelahiran Buenos Aires, Argentina itu juga meminta agar para uskup tak melulu berkotbah. "Pergilah ke tempat-tempat terjauh di antara kelompok masyarakat terpinggirkan untuk menemukan kembali imanmu,"kata Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Roma bernama asli Jorge Mario Bergoglio dalam perayaan misa di Rio de Janeiro, Brasil.

Menurut warta AP pada Sabtu (27/7/2013), pesan Paus itu disampaikan dalam misa untuk memperingati Hari Kaum Muda Dunia. Pesan itu sendiri bermakna agar para uskup yang juga pemimpin Gereja Katolik lokal bisa menjangkau segala lapisan masyarakat. Pesan itu pun sesuai dengan perutusan pada Hari Kaum Muda Dunia tersebut.

Kunjungan resmi kenegaraan kali pertama Paus Fransiskus sejak terpilih menggantikan pendahulunya Paus Benediktus XVI pada 13 Maret 2013 adalah ke Brasil. Di Negeri Samba, Paus Fransiskus yang memiliki motto Miserando atque Eligendo tersebut, bertemu dengan banyak kalangan. Usai misa, Paus Fransiskus bertemu dengan politisi, pelaku bisnis, intelektual, dan komunitas diplomatik. Di samping itu, mantan Uskup Agung Buenos Aires tersebut juga berjumpa dengan para uskup Brasil.

Menurut rencana, Paus Fransiskus akan kembali ke Vatikan pada Minggu (28/7/2013). Sebelumnya, tokoh kelahiran 
17 Desember 1936 itu mempersembahkan misa terakhirnya dalam kunjungan tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.