Kompas.com - 26/07/2013, 21:54 WIB
EditorErvan Hardoko
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Pemerintah Amerika Serikat, Jumat (26/7/2013), memutuskan tidak akan menyebut penggulingan Presiden Mesir Muhammad Mursi sebagai sebuah kudeta militer.

Jika peristiwa itu disebut sebagai kudeta, Washington akan terpaksa membekukan bantuan militer sebesar 1,5 miliar dollar AS untuk Mesir.

”Undang-undang tak mengizinkan kami secara resmi menyebut peristiwa itu sebagai sebuah kudeta, dan itu bukan menjadi bagian dari kepentingan nasional untuk menyebut kudeta,” kata seorang pejabat senior AS kepada AFP.

Dengan pernyataan ini, secara tersirat Washington tidak akan memangkas atau membekukan bantuan militer untuk Mesir.

”Kami akan bekerja dengan kongres untuk memutuskan sejauh mana bantuan untuk Mesir dilaksanakan dalam upaya untuk mendorong pemerintahan interim Mesir untuk sesegera mungkin mengembalikan pemerintahan ke tangan sipil yang sesuai dengan keinginan rakyat Mesir,” kata pejabat itu.

Presiden Barack Obama—seusai penggulingan Mursi—sudah memerintahkan jajarannya untuk melakukan evaluasi apakah peralihan kekuasaan di Mesir memiliki implikasi legal terhadap program bantuan AS untuk Mesir.

Berdasarka  undang-undang, Pemerintah AS dilarang memberikan bantuan apa pun, kecuali bantuan kemanusiaan, kepada negara yang pemimpin terpilihnya digulingkan kudeta militer.

Bantuan militer tahunan AS untuk Mesir mencapai 1,3 miliar dollar AS. Sebanyak 80 persen bantuan ini digunakan untuk membeli peralatan baru militer Mesir.

Namun, awal pekan ini, AS memperingatkan pemerintah interim Mesir untuk segera mengembalikan negeri itu ke jalur demokrasi. Bentuk peringatan Washington itu adalah menunda pengiriman jet tempur F-16 ke negeri tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.