Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuba Peringati 60 Tahun Revolusi Komunis

Kompas.com - 26/07/2013, 21:27 WIB
HAVANA, KOMPAS.comKuba pada Jumat (26/7/2013) memperingati 60 tahun serangan Fidel Castro ke barak Moncada yang dianggap sebagai awal revolusi komunis negeri itu.

Penyerbuan yang dipimpin presiden Kuba saat ini, Raul Castro, terjadi pada 1953. Kala itu Fidel Castro muda dan 100 orang pemberontak mencoba menggulingkan pemerintahan diktator Fulgencio Batista.

Serangan ke barak militer itu gagal, tetapi akhirnya Castro berhasil menjungkalkan Batista pada 1959, dan mendirikan satu-satunya rezim komunis di Benua Amerika.

Sejak saat itu, Castro berkuasa dan baru menyerahkan tampuk pimpinan kepada Raul Castro setelah lima dekade karena kondisi kesehatannya yang terus menurun.

Untuk memperingati peristiwa bersejarah itu, Kuba mengundang presiden Uruguay, Venezuela, Bolivia, dan Nikaragua, yang semuanya berhaluan kiri.

"Revolusi ini selalu merupakan sebuah revolusi harga diri, cara menghargai diri sendiri untuk rakyat Amerika Latin. Revolusi ini memberi kami mimpi," kata Presiden Uruguay, Jose Mujica.

"Berada di Kuba selalu menjadi sumber inspirasi melawan imperialisme dan kapitalisme," kata Evo Morales, Presiden Bolivia.

Selain para kepala negara "kiri", menlu Ekuador dan para perdana menteri dari beberapa negara Karibia juga diundang menghadiri upacara tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com