Kompas.com - 26/07/2013, 17:44 WIB
EditorErvan Hardoko
TUNIS, KOMPAS.com — Aksi mogok besar-besaran melanda ibu kota Tunisia, Tunis, Jumat (26/7/2013), untuk memprotes pembunuhan tokoh oposisi Mohamed Brahmi.

Akibat mogok massal ini, jalanan kota Tunis terlihat sepi dan sejumlah penerbangan terpaksa ditunda.

Sejumlah kafe yang biasanya masih buka meski di bulan Ramadhan, juga tutup. Sementara itu, toko-toko di pasar lokal melakukan hal yang sama.

Maskapai penerbangan Tunisair dan anak perusahaannya Tunisair Express menunda semua penerbangannya setelah seruan pemogokan dari Serikat Pekerja Tunisia (UGTT).

Seorang petugas bandara Tunis mengatakan, maskapai-maskapai lain seperti Air France, Alitalia, dan British Airways juga menunda penerbangan mereka dari dan ke Tunis, sementara kru darat mereka mengikuti mogok.

Pemogokan juga terjadi di Sidi Bouzid, kota kelahiran Brahm,i dan kota pemicu revolusi yang menggulingkan presiden Zine El Abedine Ben Ali pada Januari 2011.

Meski masih ada beberapa toko yang buka, secara umum pemogokan ini melumpuhkan industri dan kantor-kantor pemerintahan di kota tersebut.

Mohamed Brahmi (58) tewas ditembak orang tak dikenal yang mengendarai sepeda motor, Kamis (25/7/2013), di luar kediamannya di kawasan Ariana, dekat Tunis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.