Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Protes Pembunuhan Tokoh Oposisi, Rakyat Tunisia Mogok Massal

Kompas.com - 26/07/2013, 17:44 WIB
TUNIS, KOMPAS.com — Aksi mogok besar-besaran melanda ibu kota Tunisia, Tunis, Jumat (26/7/2013), untuk memprotes pembunuhan tokoh oposisi Mohamed Brahmi.

Akibat mogok massal ini, jalanan kota Tunis terlihat sepi dan sejumlah penerbangan terpaksa ditunda.

Sejumlah kafe yang biasanya masih buka meski di bulan Ramadhan, juga tutup. Sementara itu, toko-toko di pasar lokal melakukan hal yang sama.

Maskapai penerbangan Tunisair dan anak perusahaannya Tunisair Express menunda semua penerbangannya setelah seruan pemogokan dari Serikat Pekerja Tunisia (UGTT).

Seorang petugas bandara Tunis mengatakan, maskapai-maskapai lain seperti Air France, Alitalia, dan British Airways juga menunda penerbangan mereka dari dan ke Tunis, sementara kru darat mereka mengikuti mogok.

Pemogokan juga terjadi di Sidi Bouzid, kota kelahiran Brahm,i dan kota pemicu revolusi yang menggulingkan presiden Zine El Abedine Ben Ali pada Januari 2011.

Meski masih ada beberapa toko yang buka, secara umum pemogokan ini melumpuhkan industri dan kantor-kantor pemerintahan di kota tersebut.

Mohamed Brahmi (58) tewas ditembak orang tak dikenal yang mengendarai sepeda motor, Kamis (25/7/2013), di luar kediamannya di kawasan Ariana, dekat Tunis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com