Kompas.com - 26/07/2013, 15:39 WIB
EditorErvan Hardoko
NEW YORK, KOMPAS.com — Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon, Jumat (26/7/2013), menyerukan pembebasan segera presiden terguling Mesir Muhammad Mursi yang sejak dilengserkan awal Juli lalu masih ditahan di lokasi rahasia.

"Sekjen mendesak agar Mursi dan para pendukungnya segera dibebaskan atau segera dievaluasi kasus mereka secara transparan tanpa penundaan," kata juru bicara PBB, Eduardo del Buey.

Mursi dan sejumlah petinggi Ikhwanul Muslimin ditahan sejak militer Mesir mengambil alih kekuasaan pada 3 Juli lalu, menyusul unjuk rasa besar-besaran menentang Mursi.

Sementara itu, militer menegaskan mereka tidak mengincar tokoh-tokoh Ikhwanul Muslimin saat menyerukan aksi besar-besaran untuk mendukung pemberantasan terorisme dan kekerasan.

Militer Mesir memberikan tenggat waktu 48 jam, yang berakhir Jumat ini, sebelum melakukan penanganan serius terhadap masalah kekerasan dan terorisme.

"Strategi untuk menghadapi kekerasan dan terorisme akan berubah, demi menjamin keamanan dan stabilitas," ujar panglima Angkatan Bersenjata Mesir Jenderal Abdel Fattah al-Sisi.

Seorang perwira senior angkatan darat mengatakan pernyataan militer itu tidak mencerminkan pandangan resmi angkatan bersenjata.

"Ultimatum 48 jam itu adalah sebuah undangan politik. Tak berarti setelah 48 jam kami akan bertindak sangat tegas," kata perwira tersebut.

Sekitar 200 orang tewas terkait krisis politik di Mesir, yang meningkat di akhir Juni lalu. Sebagian besar korban jatuh dalam bentrok kelompok pro dan anti-Mursi. Selain itu, korban tewas juga jatuh akibat serangan militan di Semenanjung Sinai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.