Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Fransiskus Kunjungi Kawasan Kumuh Brasil

Kompas.com - 25/07/2013, 21:02 WIB
RIO DE JANEIRO, KOMPAS.comPaus Fransiskus akan mengunjungi kawasan kumuh kota Rio de Janeiro, Kamis (25/7/2013) waktu setempat, sebagai bagian dari kunjungannya ke negeri dengan penduduk Katolik terbesar di dunia.

Kunjungan ke kawasan kumuh Rio itu menyusul pernyataan Paus yang mengecam masalah obat-obatan terlarang yang mengungkung Amerika Selatan. Paus juga menolak rencana para pemimpin regional Amerika Selatan untuk melegalkan penjualan obat bius.

Kunjungannya ke kawasan kumuh Varginha memang menjadi inti dari kunjungan Paus ke Brasil, yaitu memberikan harapan bagi warga miskin negeri tersebut.

Kawasan kumuh yang dihuni ribuan orang itu terletak di sisi utara Rio yang disebut penduduk setempat sebagai kawasan "Jalur Gaza".

Nama "Jalur Gaza" itu diberikan karena kawasan kumuh Brasil kerap dilanda aksi kekerasan dan baku tembak antara para pengedar obat bius dan polisi.

Paus pertama asal Amerika Selatan itu direncanakan bertemu sejumlah keluarga dan memberkati altar gereja kecil Sao Jeromino Emiliani sebelum menggelar misa untuk 30.000 orang di sebuah stadion sepak bola di dekat permukiman kumuh itu.

Varginha adalah satu dari puluhan permukiman kumuh di Rio tempat polisi akan berupaya keras membasmi peredaran obat bius dan mengendalikan kawasan tersebut untuk mengamankan perhelatan Piala Dunia 2014 dan Olimpiade 2016.

Sejumlah pejabat Vatikan mengatakan, Brasil dipilih menjadi negara pertama yang dikunjungi Paus Fransiskus adalah untuk merevitalisasi gereja Katolik yang tengah terdesak perkembangan gereja Protestan Evangelis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com