Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Renfe Klaim Kereta yang Celaka dalam Kondisi Prima

Kompas.com - 25/07/2013, 18:23 WIB
MADRID, KOMPAS.com — Perusahaan kereta api milik Pemerintah Spanyol, Renfe, Kamis (25/7/2013), mengatakan, kereta api, yang mengalami kecelakaan di sebelah barat daya Spanyol dan menewaskan 77 orang, tidak mengalami kesalahan teknis apa pun.

"Sejauh yang kami tahu, tidak ada kesalahan teknis di kereta api itu. Bahkan, kereta itu sudah lolos pemeriksaan sebelum melakukan perjalanan," kata Direktur Renfe, Julio Gomez-Pomar Rodriguez kepada stasiun radio Cadena Cope.

"Kereta ini sudah melampaui pemeriksaan rutin tiap 7.500 km, lalu diperiksa lagi setiap 50.000 km, dan diperiksa lagi setiap 150.000 km," tambah Rodriguez.

"Pendek kata, catatan pemeliharaan dan pemeriksaan kereta api ini sempurna," Rodriguez menegaskan.

Sejumlah media massa di Spanyol memberitakan bahwa kereta api itu tengah melaju sangat kencang saat kecelakaan terjadi.

Harian El Pais mengabarkan, masinis melaporkan lewat radio kepada petugas kereta api bahwa kereta itu tengah melaju dengan kecepatan 190 km per jam di zona kecepatan maksimal 80 km per jam.

Menteri Transportasi Spanyol Rafael Catala mengatakan, kemungkinan besar kecelakaan maut itu disebabkan kereta yang melaju terlalu kencang.

"Tragedi di Santiago de Compostela itu nampaknya disebabkan kereta melaju terlalu cepat. Namun kami masih menunggu hasil penyelidikan polisi dan investigasi tim kementerian," kata Rafael.

Sebelumnya, sejumlah petinggi Renfe mengatakan pihak perusahaan bisa memeriksa kecepatan kereta saat kotak hitam kereta ditemukan.

Sementara itu, Renfe memastikan masinis kereta naas itu sudah memiliki pengalaman 30 tahun di dunia perkeretapian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com