Kompas.com - 24/07/2013, 20:37 WIB
EditorErvan Hardoko
KAIRO, KOMPAS.com - Panglima angkatan bersenjata Mesir, Jenderal Abdel Fatah al-Sisi, Rabu (24/7/2013), menyerukan aksi unjuk rasa besar-besaran pada Jumat mendatang untuk memberinya mandat untuk memerangi apa yang disebutnya terorisme dan kekerasan pasca-tergulingnya Muhammad Mursi.

"Saya menyerukan, Jumat mendatang sebuah warga Mesir yang jujur dan terpercaya untuk turun ke jalan," kata Al-Sisi saat berpidato dalam upacara wisuda akademi militer di Alexandria.

"Kenapa harus turun ke jalan? Untuk memberi saya mandat dan perintah untuk memberantas kekerasan dan potensi terorisme," lanjut dia.

Pernyataan ini nampaknya ditujukan untuk kelompok militan Islam di Semenanjung Sinai dan bentrokan yang masih terus terjadi antara pendukung dan penentang Mursi.

Al-Sisi menambahkan, permintaannya agar rakyat menggelar aksi besar-besaran pada Jumat bukanlan seruan untuk melakukan kekerasan.

Aksi ini, lanjut Al-Sisi, adalah upaya untuk mendukung rekonsiliasi nasional.

Sementara itu, politisi senior Ikhwanul Muslimin Essam al-Erian mengatakan seruan Al-Sisi untuk aksi jalanan itu merupakan sebuah ancaman dan tidak akan menghentikan aksi pendukung Muhammad Mursi.

"Ancamanmu tidak akan menghentikan keinginan jutaan orang Mesir," kata El-Erian lewat akun Facebook-nya.

El-Erian juga menyebut Al-Sisi adalah pemimpin kudeta yang gemar membunuh perempuan, anak-anak, dan umat Islam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber AP,Al Arabiya,



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.