Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih dari Separuh Warga Israel Setuju Berdamai dengan Palestina

Kompas.com - 24/07/2013, 16:41 WIB
JERUSALEM, KOMPAS.com — Lebih dari separuh warga Israel mendukung perdamaian dengan Palestina jika masalah perdamaian ini diajukan dalam sebuah referendum. Demikian hasil sebuah jajak pendapat, Rabu (24/7/2013).

Jajak pendapat yang digelar Institut Dialog Universitas Tel Aviv itu mewawancarai 511 warga Israel dan dilakukan setelah Menlu AS John Kerry mengumumkan bahwa pembicaraan perdamaian antara Israel dan Palestina akan kembali dilaksanakan.

Hasil jajak pendapat itu menunjukkan, 39 persen responden mendukung semua rencana perdamaian jika PM Benyamin Netanyahu menggelar referendum terkait masalah ini.

Sementara 16 persen responden menjawab "mungkin" mereka akan mendukung perdamaian dengan Palestina.

Sedangkan 25 persen responden menentang rencana perdamaian dengan Palestina dan sisanya sebanyak 20 persen responden tidak memberikan jawaban.

Dalam perjalanan keenamnya ke Timur Tengah pekan lalu, Menlu AS John Kerry menyatakan, pembicaraan damai yang terbengkalai selama tiga tahun akan dimulai kembali.

Pembicaraan awal akan digelar di Washington antara pimpinan tim negosiasi Saeb Erakat dan Menteri Kehakiman Israel, Tzipi Livni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com