Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Al Qaeda Klaim Serang Dua Penjara Irak

Kompas.com - 24/07/2013, 09:26 WIB
Al Qaida mengatakan telah melakukan serangan ke dua penjara di Irak, yang menyebabkan ratusan tahanan lari, termasuk pemimpin senior grup militan Islam.

Dalam sebuah pernyataan, Al Qaeda mengatakan serangan yang terjadi Minggu (21/7/2013) merupakan langkah akhir dalam kampanye bertujuan membebaskan tahanan dengan sasaran pejabat sistem pengadilan.

Setidaknya 20 petugas keamanan meninggal saat orang bersenjata menyerbu penjara Abu Ghraib dan Taji dekat Baghdad. Abu Ghraib pernah digunakan untuk menyiksa pihak oposisi ketika Saddam Hussein berkuasa.

Keburukan penjara ini terungkap pada 2004 ketika sebuah foto diterbitkan, yang menggambarkan tahanan disiksa oleh tentara Amerika Serikat.

Pada Selasa (23/07), afiliasi Al Qaeda yang menamakan diri mereka Islamic State of Iraq and the Levant mengatakan telah melakukan serangan di penjara.

Grup ini mengatakan menghabiskan "perencanaan yang memakan waktu berbulan-bulan" untuk menyerang Abu Ghraib yang terletak di bagian barat ibu kota dan Taji di bagian utara.

Grup juga mengklaim sekitar 500 militan termasuk di antara ratusan tahanan yang kabur.

Dipersenjatai baik

Otoritas Irak pada mulanya membantah ada tahanan yang kabur dalam penyerangan, tetapi kemudian diketahui "beberapa" tahanan kabur. Menteri Dalam Negeri Irak mengatakan dalam pernyataan Selasa (23/7/2013) bahwa orang bersenjata mendapat bantuan dari penjaga penjara.

Pertempuran berkobar selama beberapa jam setelah penjara diserang pada Minggu malam. Penyerang bersenjata melemparkan mortir di sekitar penjara dan menggunakan bom mobil di pintu masuk.

Situasi akhirnya dapat dikontrol pada Senin pagi dengan menggunakan helikopter militer. Menteri Dalam Negeri Wissam al-Firaiji sebelumnya mengatakan para penyerang, yang ia sebut teroris, dipersenjatai dengan baik.

"Serangan terhadap penjara Taji saja dilakukan oleh sembilan pelaku bom bunuh diri dan tiga bom mobil yang dikendarai oleh pelaku bom bunuh diri," katanya kepada wartawan.

"Para penyerang juga melemparkan lebih dari 100 mortir," katanya, menambahkan bahwa narapidana sudah berada "di bawah kendali" lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com