Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang Dorong Kereta demi Selamatkan Orang yang Terjepit

Kompas.com - 24/07/2013, 08:43 WIB
TOKYO, KOMPAS.com — Solidaritas dan kesetiakawanan belum hilang dari masyarakat modern Jepang yang sibuk. Puluhan orang dengan sigap mendorong gerbong kereta untuk membebaskan seorang perempuan yang terperangkap di antara kereta dan peron.

Aksi heroik itu ditangkap fotografer Yomiuri Shimbun, Norihiro Shigeta, dan dimuat surat kabar tersebut dalam edisi Senin petang. Diberitakan, perempuan berusia sekitar 30 tahun itu terjatuh ke dalam celah selebar 20 sentimeter antara kereta dan peron di Stasiun JR Minami-Urawa, Saitama, utara Tokyo, pada Senin pagi yang sibuk.

Saat insiden itu diumumkan petugas lewat pengeras suara, sekitar 40 orang langsung membantu petugas mendorong gerbong kereta seberat 32 ton itu ke samping. Suspensi kereta memungkinkan gerbong itu dimiringkan ke satu sisi tanpa terguling, cukup untuk membebaskan korban yang terjepit sebatas pinggang. Perempuan itu akhirnya bisa ditarik keluar dengan selamat, disambut tepuk tangan meriah penumpang yang memadati stasiun itu.

Yang hebat, seluruh peristiwa itu hanya menyebabkan perjalanan kereta tertunda selama delapan menit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com