Kompas.com - 23/07/2013, 21:23 WIB
EditorErvan Hardoko
ANKARA, KOMPAS.com — Pasukan patroli perbatasan Turki menembak mati satu dari delapan orang sipil yang mencoba secara ilegal melintasi perbatasan Turki-Suriah. Demikian pernyataan militer Turki, Selasa (23/7/2013).

Insiden ini menjadi kejadian terbaru dari serangkaian insiden fatal di garis perbatasan kedua negara sepanjang 900 kilometer tersebut.

Tak hanya itu, situasi ini semakin meningkatkan keprihatinan bahwa konflik bersenjata di Suriah membuat wilayah perbatasan menjadi kawasan tak berhukum dan berbahaya.

Militer Turki menyatakan, kedelapan orang itu berusaha menyeberang dari wilayah Provinsi Hatay, Turki, ke wilayah Suriah. Mereka juga menembaki pasukan Turki setelah tertangkap basah akan melintasi perbatasan.

Akibat tembakan itu, pasukan perbatasan Turki membalas menembak dan menewaskan salah satu orang yang akan menyeberang itu.

Dalam beberapa pekan terakhir, militer Turki sudah berulang kali mengeluarkan pernyataan terkait dengan serangan di perbatasan yang melukai sejumlah prajurit Turki.

Namun, insiden yang terjadi pada Senin (22/7/2013) itu merupakan insiden pertama militer Turki menembak mati warga sipil yang akan menyeberang ke Suriah dan bukan memasuki wilayah Turki.

Kondisi geografis yang bergunung-gunung membuat Provinsi Hatay relatif mudah diterobos para penyelundup dan pemberontak Suriah, termasuk para pengungsi yang kabur dari negerinya.

Di wilayah Turki saat ini terdapat 500.000 pengungsi Suriah, termasuk para pemberontak yang berusaha menggulingkan rezim Bashar al-Assad.

Meski menampung pengungsi dan mendukung oposisi Suriah, sejauh ini Turki membantah telah ikut mempersenjatai pasukan pemberontak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Reuters


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.