Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengaku Perwira Militer di Facebook, Pemuda Nigeria Ditangkap

Kompas.com - 19/07/2013, 23:15 WIB

ABUJA, KOMPAS.com — Seorang pemuda berusia 23 tahun ditangkap aparat Angkatan Udara Nigeria (NAF) karena berpura-pura menjadi pejabat tinggi militer di jejaring sosial Facebook.

Justice Israel Ukaegbu membuka akun Facebook dengan nama Kepala Staf Angkatan Udara Laksamana Penerbangan Alex Badeh, dan dalam tiga bulan terakhir, dia telah melakukan komunikasi dengan politisi, pejabat pertahanan, dan pegawai sipil.

Berbicara dalam sebuah konfrensi pers di Abuja, pejabat Angkatan Udara mengatakan, Ukaegbu membuat akun tersebut karena pernah ditipu dan kehilangan banyak uang oleh petugas rekrutmen Angkatan Udara palsu.

Seperti dikutip situs berita allafrica.com, tersangka lantas menawarkan beberapa orang di dunia maya untuk masuk NAF dengan menyediakan sejumlah uang. Dia melakukan itu untuk mengganti kerugiannya dengan menipu orang lain.

Saat memamerkan tersangka di markas besar NAF di Abuja, Direktur Hubungan Masyarakat dan Pusat Informasi NAF Komodor Udara Yusuf Anas mengatakan, tersangka ditangkap di Jalan Azikiwe Nomor 3, Aba, negara bagian Abia.

Dia diduga berkomplot dengan spesialis informasi dan komunikasi yang kini dalam pelarian, Raphael Onyebuenyi, untuk melakukan kejahatan.

Ukaegbu, yang menyatakan penyesalan atas tindakannya, menyalahkan situasi ekonomi yang sulit di Aba.

Saat memohon pengampunan, dia mengatakan, "Tuduhan terhadap saya adalah benar. Allah telah mengampuni saya. Mereka juga harus memaafkan saya," kata Ukaegbu.

Bagaimana selanjutnya nasib Kepala Staf Angkatan Udara palsu ini? Anas mengatakan, orang itu akan diserahkan ke polisi untuk tindakan yang tepat dan menyarankan anggota masyarakat untuk berhati-hati terhadap situs internet palsu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com