Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Inggris Temukan Bom di Dekat Masjid Wolverhampton

Kompas.com - 19/07/2013, 20:20 WIB
LONDON, KOMPAS.com — Polisi antiteroris Inggris, Jumat (19/7/2013), menyatakan telah menemukan bukti sebuah bom berusia tiga pekan di luar sebuah masjid di Inggris tengah.

Umat Islam yang berada di masjid raya Wolverhampton terpaksa dievakuasi, Kamis (18/7/2013), malam, menyusul penangkapan dua pria Ukraina yang diduga terlibat dalam serangan bom di dua masjid lain di sekitar kawasan itu.

Polisi mengatakan, sisa-sisa ledakan ditemukan di sebuah bundaran dan dari indikasi awal menunjukkan bom itu meledak pada 28 Juni lalu.

”Serpihan bekas bahan peledak dinyatakan aman dan penyelidikan forensik masih berlanjut,” demikian pernyataan polisi.

Bom itu ditemukan setelah dua pria Ukraina berusia 22 dan 25 tahun ditahan sebagai bagian dari penyelidikan serangan bom di dua masjid di kota Tipton dan Walsall.

Kedua pria itu ditahan karena dicurigai merencanakan sebuah tindakan terorisme.

Sejak Mei lalu terjadi rangkaian insiden anti-Muslim di Inggris setelah peristiwa pembunuhan seorang prajurit di jalanan kota London oleh seorang tersangka anggota kelompok militan.

Ledakan bom di sebuah masjid di kota Tipton, 12 Juli lalu, bertepatan dengan pemakaman prajurit Lee Rigby (25) yang dibunuh pada siang bolong di dekat baraknya di Woolwich, London selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com