Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hubungan China-Jerman Tergantung "Sepur"

Kompas.com - 19/07/2013, 17:37 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Hubungan bilateral China dan Jerman di bidang perdagangan makin unik saja. Sejak kemarin, tulis Xinhua pada Jumat (19/7/2013), China memberangkatkan satu rangkaian kereta api (KA) barang dari Zhengzhou, ibu kota Provinsi Henan, di China Tengah. Destinasi "sepur" kargo itu adalah Hamburg, Jerman.

Menurut Biro KA Zhengzhou, KA itu akan menempuh waktu 18 hari perjalanan. Rutenya bakal melalui Kazakstan, wilayah Rusia di Asia, wilayah Rusia di Eropa, menuju Hamburg. Jarak antara lokasi keberangkatan dan tujuan sekitar 10.214 kilometer. Biasanya, kargo dari Provinsi Henan menuju Jerman menggunakan moda transportasi laut.

Menariknya, KA barang itu mengangkut berbagai produk seberat 665 ton. Nilai produk seperti ban, sepatu, dan tekstil itu mencapai 1,52 juta dollar AS.

Menurut rencana, tahun ini ada enam rangkaian KA kargo sejenis dengan destinasi serupa. KA bolak-balik itu menjadi penanda ekspor impor kedua negara. Total nilai ekspor impor tersebut hingga akhir 2013 mencapai 100 juta dollar AS.

Tahun depan, kemudian, akan ada 50 KA kargo untuk trayek Zhengzhou-Hamburg pergi pulang. Kelak, jumlah ini bakal memenuhi target volume perdagangan bilateral hingga 1 miliar dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com