Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Dikecam, Saudi Airlines Tetap "Ogah" Angkut Warga Israel

Kompas.com - 19/07/2013, 17:07 WIB
RIYADH, KOMPAS.com — Maskapai penerbangan Saudi Arabian Airlines, Jumat (19/7/2013), mempertahankan kebijakan yang melarang warga Israel menggunakan maskapai tersebut.

Direktur Jenderal Saudi Arabian Airlines, Khalid al-Melhem, mengatakan, kebijakan itu berkaitan dengan tak adanya hubungan diplomatik antara Arab Saudi dan Israel.

"Jika kami tidak memiliki hubungan diplomatis dengan sebuah negara, maka kami tidak akan mengizinkan warga negara itu memasuki wilayah kerajaan," kata Al-Melhem kepada harian terbitan Saudi, Al-Watan.

"Hubungan diplomatik sangat berpengaruh bagi para penumpang transit, terutama jika penerbangan mengalami penundaan, maka penumpang itu harus memasuki wilayah Saudi. Pada titik ini sangat sulit mengizinkan seorang warga Israel memasuki wilayah Saudi," tambah dia.

Awal pekan lalu, seorang pengacara New York, Bill de Blasio, mengecam maskapai Saudi ini yang melarang seorang warga negara Israel menumpang pesawat milik maskapai tersebut.

Blasio menilai, larangan itu merupakan sebuah praktik "dikriminasi ras". Blasio bahkan mengancam akan melakukan segala upaya agar Saudi Airlines dilarang mendarat di semua bandara AS.

Berdasarkan sejumlah laporan, Blasio kemudian mengirim surat kepada Al-Melhem. Dalam suratnya itu Blasio meminta Al-Melhem mengevaluasi ulang kebijakan maskapai atau bekerja sesuai hukum penerbangan internasional yang tidak mentoleransi diskriminasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com