Kompas.com - 18/07/2013, 16:41 WIB
EditorErvan Hardoko
PANAMA CITY, KOMPAS.com — Para pelaut Korea Utara yang kapalnya ditahan Pemerintah Panama karena ketahuan membawa persenjataan militer terancam hukuman enam tahun penjara. Demikian seorang jaksa setempat menjelaskan, Kamis (18/7/2013).

"Kejahatan semacam ini bisa diganjar hukuman penjara maksimal enam tahun," kata jaksa penuntut Javier Caraballo.

"Mereka (para kru) memilih untuk tutup mulut dan tidak bersaksi," tambah Caraballo.

Sebanyak 35 awak kapal barang Chong Chon Gang, yang dicegat saat tengah mendekati Terusan Panama pekan lalu, kini ditahan di lokasi bekas pangkalan militer AS di Pelabuhan Manzanillo, wilayah utara Panama.

Sebelumnya, Pemerintah Kuba sudah menyatakan senjata yang ditemukan di dalam kapal Korea Utara itu adalah senjata bekas zaman Uni Soviet.

Persenjataan itu dibawa ke Korea Utara untuk diperbaiki sebelum dikembalikan ke Kuba.

Sementara itu, Pemerintah Korea Utara mendesak Panama untuk membebaskan tanpa penundaan lagi kapal dan para awaknya setelah mereka menemukan sejumlah persenjataan di dalam kapal yang mengangkut gula itu.

Dalam komentar pertama menyangkut masalah ini, Kementerian Luar Negeri Korea Utara mengatakan, kargo berisi persenjataan "kuno" Kuba itu dikirim untuk perbaikan dan akan dikembalikan berdasarkan kontrak yang sah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.