Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MOMO Awards, "Grammy" untuk Seniman Muslim

Kompas.com - 17/07/2013, 20:56 WIB
LONDON, KOMPAS.com — Selama ini sebagian warga dunia sudah akrab mendengar ajang penghargaan internasional seperti Grammy Awards, Brit Awards, atau VMA Awards. Nah, kini akan hadir sebuah ajang penghargaan untuk bakat-bakat yang sedikit berbeda.

Pada Desember 2013, untuk kali pertama akan digelar ajang penghargaan The Music of Muslim Origin and Media Awards (MOMO) 2013 di Manchester, Inggris.

Ajang MOMO Awards ini akan memberikan penghargaan bagi prestasi para seniman, penghibur, dan para profesional media berlatar belakang Muslim.

Kategori yang diperlombakan dalam ajang ini semuanya berbau Islam, misalnya "Best Nasheed" (vokal grup Islam), "Best Muslim TV Show", dan "Best Muslim Presenter. Ajang ini disponsori GNA Academy, sebuah lembaga pengembangan musik Muslim yang berpusat di Inggris.

Meski perhelatan resminya baru akan digelar akhir tahun nanti, pemenang sejumlah nominasi sudah ditentukan.

Beberapa nama seniman yang masuk dalam nominasi misalnya Maher Zain, penyanyi Muslim Swedia berdarah Lebanon, dan Zain Bhikha yang kelahiran Afrika Selatan.

Kedua seniman ini masuk dalam nominasi "Penyanyi Solo Internasional Terbaik Tahun Ini".

Sementara itu, grup musik Muslim asal Denmark "Outlandish" masuk nominasi kategori "Best Nasheed".

Otak di belakang munculnya ajang unik ini adalah Esharat Nasar-Ahmed, yang menceritakan ide di balik terciptanya MOMO Award ini kepada situs Your Middle East.

"Sejauh sangat sedikit atau bahkan tidak ada kesempatan untuk menunjukkan prestasi besar yang dicapai para seniman Muslim yang mampu menembus industri musik dan media," kata Esharat.

"Kondisi ini menginspirasi saya untuk menciptakan MOMO Awards sebagai sarana untuk menyediakan platform universal yang bisa menunjukkan bakat para seniman Muslim dunia," lanjut Esharat.

"Ajang ini bukan hanya untuk menunjukkan bakat, tetapi juga untuk memberikan pendidikan dan meningkatkan pemahaman terkait kontribusi Muslim sepanjang sejarah dunia," Esharat menegaskan.

Dan ternyata gelaran MOMO Award ini mendapat sambutan positif dari para seniman Muslim di seluruh dunia.

"Saya merasa sangat terhormat bisa menjadi salah satu nomine MOMO Awards," kata Zain Bhikha.

"Saya kira kita semua membutuhkan karya-karya kreatif seperti ini untuk membawa kebersamaan dan saling berbagi ide yang ujungnya akan membuat dunia ini lebih baik," lanjut Bhikha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com