Kompas.com - 17/07/2013, 19:36 WIB
EditorErvan Hardoko

MOSKWA, KOMPAS.com — Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan hubungan negaranya dengan Amerika Serikat lebih penting daripada bertikai soal kegiatan agen-agen rahasia.

Pernyataan Presiden Putin ini mengacu pada ketegangan antara Moskwa dan Washington terkait analis intelijen Amerika, Edward Snowden, yang tengah mencari suaka sementara di Rusia.

"Kami sudah memperingatkan Snowden bahwa tindakan yang ia ambil, yang akan mengganggu hubungan Rusia dan Amerika, tidak bisa kami terima," kata Putin saat mengunjungi kota Chita, di Siberia, Rabu (17/7/2013).

"Hubungan bilateral, dalam pandangan saya, jauh lebih penting dari kegiatan agen rahasia," tambah Putin.

Amerika ingin Rusia mengusir Snowden sehingga mantan analis untuk Badan Keamanan Nasional (NSA) ini bisa diadili di Amerika karena membocorkan rahasia negara.

Putin tidak menjelaskan apakah pemerintahnya akan mengabulkan permintaan suaka Snowden, yang saat ini berada di kawasan transit bandar udara Moskwa, setelah meninggalkan Hongkong bulan lalu.

Namun, seorang pengacara di Rusia mengatakan bahwa Snowden bisa meninggalkan bandara Moskwa dalam beberapa pekan ke depan.

Anatoly Kucherena, seperti dikutip kantor berita Reuters, mengatakan pihaknya yakin Snowden akan diizinkan meninggalkan area transit bandara, yang oleh Pemerintah Rusia dinyatakan sebagai kawasan netral.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.