Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Kedua Al Qaeda di Yaman Dikabarkan Tewas

Kompas.com - 17/07/2013, 15:31 WIB

SANA'A, KOMPAS.com — Orang kedua dalam rantai komando Al Qaeda Semenanjung Arab (AQAP), Said al-Shehri, dipastikan tewas akibat serangan "drone" AS di Yaman.

Demikian pernyataan tokoh senior AQAP, Ibrahim al-Rubaish, lewat sebuah video yang diunggah ke internet pada Rabu (17/7/2013).

Namun, dalam pernyataan itu Al-Rubaish tidak menjelaskan waktu serangan drone AS yang mematikan tersebut.

Jika berita ini kemudian bisa dipastikan kebenarannya, maka Shehri menjadi salah satu tokoh AQAP dengan jabatan tertinggi yang tewas sejak organisasi ini berdiri.

Kabar ini menjadi kali keempat Shehri —yang kelahiran Arab Saudi— dikabarkan tewas.

Pada Januari 2013, Shehri juga pernah dikabarkan tewas. Kabar terbunuhnya Shehri saat itu diumumkan Pemerintah Yaman lewat kantor berita resminya.

Kabar ini kemudian diperkuat pernyataan Mohammed al-Basha, juru bicara Kedubes Yaman di Washington DC, seperti diulas majalah Foreign Policy.

Sebelumnya, pada 2009, dia juga pernah dikabarkan tewas akibat serangan rudal kapal perang AS dan pada September 2012 sebuah situs berita Yaman menyebut Shehri tewas akibat serangan drone AS.

Said al-Shehri diyakini terlibat dalam penculikan warga asing di Yaman dan menjadi otak di belakang pengeboman Kedubes AS di Yaman pada 2008.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com