Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Industri Film, Vietnam Gelontorkan Banyak Fulus

Kompas.com - 17/07/2013, 15:08 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Demi memajukan industri filmnya, Vietnam menggelontorkan banyak fulus hingga 309 juta dollar AS atau setara dengan 6,5 triliun dong (sekitar Rp 3,13 triliun) dari anggaran pemerintah. Menurut warta AP pada Rabu (17/7/2013), target makin moncernya industri film Vietnam itu hingga 2020 mendatang.

Informasi rilisan Departemen Sinematografi Vietnam menunjukkan, dengan duit sebesar itu, bakal dibangun 57 kompleks bioskop. Dari jumlah itu, dua kompleks berukuran jumbo dibangun masing-masing di Hanoi dan Kota Ho Chi Minh. Kapasitas bioskop sekitar 1.500 penonton.

Pemerintah Vietnam juga akan membenahi 49 bioskop pemerintah yang tersebar di tiap provinsi. "Dekorasi dan kapasitas bioskop akan diperbarui," kata pernyataan departemen itu.

Sampai kini, seturut data departemen tersebut, Vietnam mempunyai 97 kompleks bioskop dengan 246 layar. Dari jumlah itu, ada 72 kompleks bioskop dengan 104 layar milik pemerintah. Belakangan ini, bioskop-bioskop milik pemerintah sudah ketinggalan zaman. Aset pemerintah itu pun sudah lama tak membawa keuntungan finansial.

Pada 2011, bisnis film di Vietnam meraup uang 35 juta dollar AS dari penjualan. Angka ini menanjak jadi 47 juta dollar AS setahun ke depan. Uang sebanyak itu kebanyakan masuk ke pundi-pundi pengelola bioskop swasta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com