Kompas.com - 17/07/2013, 15:08 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com — Demi memajukan industri filmnya, Vietnam menggelontorkan banyak fulus hingga 309 juta dollar AS atau setara dengan 6,5 triliun dong (sekitar Rp 3,13 triliun) dari anggaran pemerintah. Menurut warta AP pada Rabu (17/7/2013), target makin moncernya industri film Vietnam itu hingga 2020 mendatang.

Informasi rilisan Departemen Sinematografi Vietnam menunjukkan, dengan duit sebesar itu, bakal dibangun 57 kompleks bioskop. Dari jumlah itu, dua kompleks berukuran jumbo dibangun masing-masing di Hanoi dan Kota Ho Chi Minh. Kapasitas bioskop sekitar 1.500 penonton.

Pemerintah Vietnam juga akan membenahi 49 bioskop pemerintah yang tersebar di tiap provinsi. "Dekorasi dan kapasitas bioskop akan diperbarui," kata pernyataan departemen itu.

Sampai kini, seturut data departemen tersebut, Vietnam mempunyai 97 kompleks bioskop dengan 246 layar. Dari jumlah itu, ada 72 kompleks bioskop dengan 104 layar milik pemerintah. Belakangan ini, bioskop-bioskop milik pemerintah sudah ketinggalan zaman. Aset pemerintah itu pun sudah lama tak membawa keuntungan finansial.

Pada 2011, bisnis film di Vietnam meraup uang 35 juta dollar AS dari penjualan. Angka ini menanjak jadi 47 juta dollar AS setahun ke depan. Uang sebanyak itu kebanyakan masuk ke pundi-pundi pengelola bioskop swasta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.