Kompas.com - 17/07/2013, 06:55 WIB
EditorPalupi Annisa Auliani
CANBERRA, KOMPAS.com — Sebuah kapal yang membawa 150 orang, diyakini sebagai pencari suaka, terbalik di Samudra Hindia, Selasa (16/7/2013). Empat penumpang kapal tewas, berdasarkan keterangan otoritas Australia seperti dikutip kantor berita Associated Press.

Perahu terbalik di tengah perairan yang bergejolak, di utara Christmas Island. Perairan ini masuk dalam teritorial Australia, meskipun hanya berjarak sekitar 500 kilometer dari Jakarta, Indonesia. Informasi ini dirilis oleh Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan Australia.

Dua kapal Angkatan Laut telah dikirim untuk membantu perahu itu. Namun, cuaca yang buruk membuat perahu itu karam. Perahu terbalik dalam perjalanan menuju Christmas Island, di mana sebuah kamp penampungan pencari suaka berada.

Tim penyelamat menurunkan rakit dan mengangkat 144 penumpang perahu. Empat mayat telah ditemukan, tetapi pencarian lebih lanjut dibatalkan pada Selasa malam. Dua penumpang lain dari perahu itu belum diketahui nasibnya.

Christmas Island merupakan tujuan populer para pencari suaka yang menumpang perahu reyot. Mereka biasanya membayar jasa penyelundup manusia untuk mendapatkan perahu dan tempat transit, termasuk untuk melintasi Indonesia.

Ratusan pencari suaka meninggal dalam upaya mereka mencapai Australia melalui jalur Indonesia dan Christmas Island ini. Pekan lalu, misalnya, perahu lain juga tenggelam di perairan yang sama, menewaskan satu bayi laki-laki dan delapan penumpang lain gagal ditemukan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.