Kompas.com - 16/07/2013, 18:02 WIB
EditorErvan Hardoko

DAMASKUS, KOMPAS.com — Milisi bersenjata yang loyal kepada Presiden Bashar al-Assad menembak mati setidaknya enam orang juru runding yang berusaha melakukan rekonsiliasi antara kelompok-kelompok yang bertikai di provinsi Homs. Demikian kesaksian sejumlah penduduk, Selasa (16/7/2013).

Keenam orang itu adalah anggota Komite Rekonsiliasi Nasional, yang dibentuk Pemerintah Suriah demi memfasilitasi perundingan untuk mengakhiri konflik bersenjata yang sudah berlangsung lebih dari dua tahun itu.

Keenam negosiator itu tengah mencoba merancang perundingan antara kota berpenduduk mayoritas Sunni, Al-Zara, dan kota Qameira yang dihuni mayoritas pemeluk Alawi.

Kedua kota itu dalam beberapa hari di pekan lalu terlibat baku tembak yang memakan korban jiwa.

"Milisi Alawi menjebak keenam orang itu, yang kebetulan adalah Sunni, saat tiba di kota untuk mencoba memulai perundingan," kata seorang penduduk kepada Reuters.

"Mereka menduga keenam orang itu bekerja untuk pemberontak, karena Qameira diserang mendadak pekan lalu dan banyak prajurit Assad yang tewas," tambah penduduk itu.

Pembunuhan yang terjadi di desa Hajar al-Abyad, Senin (15/7/2013) malam itu, semakin memperjelas tantangan yang harus dihadapi untuk melakukan mediasi antara kota-kota yang dikuasai pemberontak dan kota yang dikuasai pasukan milisi pro-Assad, Shabiha.

Provinsi Homs merupakan kawasan yang didiami para pendukung Assad dan para penentang sang presiden.

Kelompok minoritas Kristen dan Alawi, cabang Syiah yang dipeluk Assad, selama ini khawatir akan kebangkitan kelompok garis keras Sunni di antara para pemberontak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Reuters
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.