Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meksiko Tangkap Gembong Kartel Narkotika Zetas

Kompas.com - 16/07/2013, 09:04 WIB
MEXICO CITY, KOMPAS.COM - Marinir Meksiko menangkap pemimpin kartel Zetas, geng narkoba paling brutal, Miguel Angel Trevino, di kota yang berbatasan dengan Amerika Serikat, Senin (15/7), kata sejumlah pejabat kepada AFP. Trevino, alias "Z-40", ditahan di Nuevo Laredo, kota di bagian timur laut Negara Bagian Tamaulipas yang berbatasan dengan Texas, AS, bersama dua orang lain, kata para pejabat itu.

"Mereka melakukan penangkapan penting, Miguel Angel Trevino, pada dini hari Senin," kata seorang pejabat dari kantor jaksa agung federal yang tidak mau diungkap identitasnya. Seorang pejabat kementerian dalam negeri juga mengonfirmasi penangkapan itu.

Zetas dianggap seabgai salah satu kelompok kejahatan terorganisir yang paling kuat dan ditakuti di Meksiko, yang didirikan oleh mantan tentara dan dikenal karena kebrutalan mereka. Awalnya, Zetas bertindak sebagai penegak hukum bersenjata dari Kartel Teluk. Namun kedua kelompok pecah dalam beberapa tahun terakhir dan memicu perang brutal antara mereka di utara negara itu.

Penangkapan Trevino terjadi delapan bulan setelah pasukan Meksiko membunuh pendahulunya, Heriberto Lazcano, dalam baku tembak di Negara Bagian Coahuila. Namun jenazah Lazcano hilang beberapa jam kemudian. Setelah Lazcano tewas Oktober lalu, orang-orang bersenjata menyerbu masuk ke sebuah kamar mayat dan mencuri mayatnya. Mayat itu tidak pernah ditemukan kembali

Trevino adalah sosok tertinggi gembong narkoba yang ditahan sejak Presiden Enrique Pena Nieto menjabat pada Desember. Selama enam tahun periode Felipe Calderon, presiden sebelum Pena, pihak berwenang menangkap atau membunuh 24 dari 37 gembong narkotika yang paling dicari. Namun masa Calderon ditandai dengan lebih dari 70.000 kasus pembunuhan terkait kekerasan narkotika antara tahun 2006-2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com