Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencari Suaka Vietnam ke Australia Melonjak Belasan Kali Lipat

Kompas.com - 16/07/2013, 07:31 WIB
Harry Bhaskara

Penulis

BROOME, KOMPAS.com - Data dari Departemen Imigrasi Australia menunjukkan peningkatan belasan kali lipat jumlah perahu pencari suaka dari Vietnam ke negeri Kanguru sepanjang 2013. Sebagaimana dikutip ABC News, Selasa (16/7/2013), belum lagi usai tahun ini berjalan, jumlah manusia perahu pencari suaka itu sudah belasan kali lipat total kedatangan pada tahun lalu.

Pada Senin (15/7/2013), sebuah perahu yang membawa 84 pencari suaka dari Vietnam ditemukan dalam radius 50 kilometer dari kota turis Broome di negara bagian Australia Barat. Kapal beserta seluruh penumpangnya kemudian ditarik ke pantai sebelum mereka dipindahkan ke Pusat Penahanan di Curtin.            

Menurut data dari Departemen Imigrasi, sebanyak 759 orang Vietnam telah datang dengan perahu tahun ini. Padahal sepanjang tahun lalu jumlah mereka tidak mencapai 50 orang.  

Ian Rintoul, dari Koalisi Aksi untuk Pengungsi, mengatakan peningkatan ini adalah akibat dari tekanan Pemerintah Vietnam terhadap para "pemberoentak" dan kelompok minoritas agama di negara itu.

“Saya kira saya sedikit kaget juga, tapi jelas sekali jumlah orang Vietnam telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir,” tutur Rintoul. “Ini akibat tekanan terhadap dan terutama pada penganut agama Katolik di bawah tanah Vietnam,” tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com