Kompas.com - 16/07/2013, 07:31 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani

BROOME, KOMPAS.com - Data dari Departemen Imigrasi Australia menunjukkan peningkatan belasan kali lipat jumlah perahu pencari suaka dari Vietnam ke negeri Kanguru sepanjang 2013. Sebagaimana dikutip ABC News, Selasa (16/7/2013), belum lagi usai tahun ini berjalan, jumlah manusia perahu pencari suaka itu sudah belasan kali lipat total kedatangan pada tahun lalu.

Pada Senin (15/7/2013), sebuah perahu yang membawa 84 pencari suaka dari Vietnam ditemukan dalam radius 50 kilometer dari kota turis Broome di negara bagian Australia Barat. Kapal beserta seluruh penumpangnya kemudian ditarik ke pantai sebelum mereka dipindahkan ke Pusat Penahanan di Curtin.            

Menurut data dari Departemen Imigrasi, sebanyak 759 orang Vietnam telah datang dengan perahu tahun ini. Padahal sepanjang tahun lalu jumlah mereka tidak mencapai 50 orang.  

Ian Rintoul, dari Koalisi Aksi untuk Pengungsi, mengatakan peningkatan ini adalah akibat dari tekanan Pemerintah Vietnam terhadap para "pemberoentak" dan kelompok minoritas agama di negara itu.

“Saya kira saya sedikit kaget juga, tapi jelas sekali jumlah orang Vietnam telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir,” tutur Rintoul. “Ini akibat tekanan terhadap dan terutama pada penganut agama Katolik di bawah tanah Vietnam,” tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.