Kompas.com - 15/07/2013, 18:01 WIB
EditorErvan Hardoko
JERUSALEM, KOMPAS.com — Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu, Minggu (14/7/2013), mengatakan, kebijakan nuklir Iran tidak akan banyak berubah di bawah presiden baru, Hassan Rohani.

Menurut Netanyahu, strategi presiden baru Iran yang akan dilantik pada 3 Agustus itu adalah "tersenyum dan membuat bom".

"Dia mengkritik pendahulunya (Mahmoud Ahmadinejad) sebagai seekor serigala berbulu serigala. Sementara strateginya adalah serigala berbulu domba. Tersenyum dan membangun bom," kata Netanyahu.

"Mereka (Iran) kini berada di tepian garis merah. Mereka belum melintasinya," ujar Netanyahu dalam program "Face the Nation" yang disiarkan stasiun televisi CBS.

Iran, masih kata Netanyahu, semakin dekat untuk menciptakan sebuah bom nuklir.

"Dan Iran harus dipastikan tidak bisa membuat bom nuklir," lanjut dia.

Netanyahu memperingatkan, saat Iran semakin dekat menciptakan bom nuklir, maka Israel akan bertindak mendahului Amerika Serikat.

Dia menegaskan, waktu sangat sedikit bagi Israel ketimbang bagi Washington sehingga dia mendesak langkah unilateral untuk menghentikan program nuklir Iran.

"Jarum jam kami berdetak lebih cepat. Kami lebih dekat (ke Iran) dibanding AS. Kami lebih rentan (diserang). Sehingga, kami mengajukan pertanyaan tentang bagaimana menghentikan Iran, mungkin sebelum AS bertindak," kata dia.

Selanjutnya, Netanyahu mendesak AS untuk memastikan agar Hassan Rohani tidak melanjutkan program pembuatan senjata nuklir, dan serangan militer memang menjadi salah satu opsi.

"Kami, saya dan Presiden Obama, sudah banyak berbicara tentang pentingnya mencegah Iran memiliki persenjataan nuklir," Netanyahu menegaskan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.