Kompas.com - 15/07/2013, 17:29 WIB
|
EditorErvan Hardoko
SYDNEY, KOMPAS.com — Seorang kapten kapal yang melompat ke laut saat kapal pencari suaka yang dinakhodainya tenggelam ditemukan hidup 12 jam kemudian di Samudera Hindia.   

Penumpang kapal yang diselamatkan petugas Pabean Australia akhir pekan lalu telah melaporkan kapten kapal mereka yang melompat ke laut.     

Setelah mendengar keterangan itu, aparat Australia mengirimkan sebuah pesawat terbang dan dua kapal yang dikirim untuk mencari sang kapten di tengah samudera.

Sky News melaporkan, Senin (15/7/2013), sang kapten kapal terlihat dari udara dan kemudian dapat diselamatkan.

"Sebuah pesawat terbang patroli melihat sang kapten yang diperkirakan sudah berada di air selama 12 jam," tutur Kepala Pabean dan Perlindungan Perbatasan Australia, Michael Pezzuloo.

“Ia benar-benar beruntung,” tambah Pezzuloo.

Para penumpang mengatakan, sang kapten sudah menghilang sebelum mereka diselamatkan kapal Angkatan Laut Australia Bathurst, Minggu (14/7/2013).

Juga pada akhir pekan lalu, ditemukan sebuah perahu pencari suaka yang berlayar dalam radius 50 kilometer dari kota Broome di negara bagian Australia Barat.

Perahu yang memuat 84 orang itu kemudian ditarik aparat berwenang ke kota turis tersebut.

Selulruh penumpangnya ditahan untuk pemeriksaan keamanan. Pihak Pabean mengatakan, kapal Angkatan Laut Australia Maitland melihat kapal tersebut sekitar 28 mil laut di bagian timur laut kota Broome pukul 16.15.

Penemuan kapal ini terjadi hanya dua hari setelah pasukan penjaga pantai menghentikan pencarian delapan pencari suaka yang hilang dari sebuah kapal yang tenggelam di dekat Pulau Christmas Jumat pekan lalu.  

Seorang bayi meninggal dalam kecelakaan itu, sedangkan 88 pencari suaka dari Iran, Afganistan, dan Sri Lanka berhasil dibawa ke Pulau Christmas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.