Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dituduh Paedofil, Guru Australia Ditangkap di Filipina

Kompas.com - 15/07/2013, 17:05 WIB
L Sastra Wijaya

Penulis

MANILA, KOMPAS.com — Seorang guru asal Australia ditahan di Filipina dengan tuduhan menggunakan seorang muridnya yang berusia 14 tahun guna membujuk murid lainnya untuk diajak berhubungan seksual. 

Pria berusia 45 tahun tersebut, yang pernah bekerja sebelumnya di Australia, China, dan Selandia Baru, ditahan Jumat (12/7/2013) malam, di resor pantai di kota Compostela, di utara Cebu, dalam sebuah operasi yang digelar polisi.

Menurut laporan news.com.au pada Senin (15/7/2013), guru tersebut menggunakan seorang murid berusia 14 tahun untuk merekrut empat murid lainnya yang berusia antara 10 sampai 13 tahun.

Para murid itu kemudian diantar ke hotel oleh sopir sang guru. Menurut laporan polisi Filipina, untuk setiap kunjungan ke hotel, anak-anak ini dibayar antara 12 sampai 25 dollar AS (antara Rp 100 sampai Rp 250 ribu).

Di hotel, mereka dianiaya secara seksual dan dipotret. Menurut laporan koresponden Kompas.com, L. Sastra Wijaya, pria yang mengaku pernah bermain hoki sampai tingkat internasional tersebut dilaporkan melakukan perjalanan dengan istrinya, yang sekarang sedang mengunjungi tempat wisata lain di Filipina.

Sang guru membantah semua tuduhan yang dijatuhkan kepadanya sejauh ini.

Menurut keterangan polisi Filipina, sang guru sudah dalam pengawasan polisi selama beberapa hari terakhir, setelah seorang murid sekolah memberi tahu pihak berwenang.

"Menurut laporan para korban, tersangka mengambil foto anak-anak tersebut dalam keadaan telanjang, dan juga berhubungan seks dengan mereka" kata Sheryl Bautista, wakil kepala tim anti-penyeludupan manusia di provinsi Cebu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com