Kompas.com - 15/07/2013, 10:07 WIB
EditorEgidius Patnistik
JOHANNESBURGH, KOMPAS.com — Nelson Mandela mungkin segera keluar dari rumah sakit untuk menjalani perawatan di rumah. Demikian kata Thabo Mbeki, mantan Presiden Afrika Selatan.

Prediksi tentang Mandela meninggalkan rumah sakit itu dilontarkan Mbeki saat ia memberikan sebuah memorial lecture untuk Kongres Nasional Afrika, Sabtu (13/7/2013). Demikian lapor kantor berita radio Afrika Selatan, Eyewitness News.

Mandela telah dirawat di rumah sakit selama lebih dari lima minggu karena infeksi paru yang kambuh. Para kolega dan kerabat yang telah mengunjungi dia mengatakan bahwa Mandela bergantung pada alat bantu dalam bentuk ventilasi mekanis.

Perkembangan resmi terbaru tentang kesehatan Mandela menyebutkan bahwa dia berada dalam kondisi kritis tetapi stabil. Namun, baik istri keduanya, Graca Machel, dan Presiden Afrika Selatan, Jacob Zuma, baru-baru ini mengatakan bahwa Mandela telah memberikan reaksi terhadap pengobatan.

Pahlawan anti-apartheid itu telah menghabiskan waktu 27 tahun di penjara sebelum ia menjadi presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan tahun 1994. Dia berusia 95 tahun pada hari Kamis.

Adapun Thabo Mbeki dulu adalah wakil Mandela. Mbeki kemudian menggantikan Mandela sebagai presiden Afrika Selatan pada tahun 1999.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber AP/CNN


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.