Kompas.com - 13/07/2013, 18:57 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

PARIS, KOMPAS.com - Penyebab terjadinya kecelakaan kereta api di dekat Paris, Perancis mulai terkuak. Dari investigasi awal dikemukakan bahwa rusaknya wesel atau alat pemindah jalur kereta menjadi penyebab utama tragedi yang menewaskan enam orang itu.

Dalam pernyataan resmi perusahaan kereta SNCF, Sabtu (13/7/2013) dijelaskan bahwa longgarnya batang penghubung pada wesel rel di stasiun Bretigny-sur-Orge, menyebabkan kereta kereta anjlok dan meluncur keluar lintasan.

Pada saat yang sama, Menteri Transportasi Perancis, Frederic Cuvillier, mendesak agar segera dilakukan peremajaan rel yang saat ini sudah menua.

"Batang penghubung pada wesel rel telah longgar dan terlepas dari tempatnya,"kata Pierre Izard, GM Infrastruktur SNCF.

Dia menjelaskan bahwa kondisi rel kereta api sebenarnya telah diperiksa pada 4 Juli. Namun seiring dengan kecelakaan yang terjadi itu, perseroan kembali akan melakukan pemeriksaan.

Sementara itu, Frederic Cuvillier mengatakan tidak ditemukan kesalahan manusia (human error), dan dia memuji tindakan masinis kereta api yang dinilainya memiliki reflek yang luar biasa, karena secara langsung mengirimkan sinyal darurat yang mencegah tabrakan dengan kereta yang melaju dari arah berlawanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.