Kompas.com - 13/07/2013, 09:21 WIB
EditorEgidius Patnistik
NEW DELHI, KOMPAS.com — Selama 163 tahun, kehidupan bangsa India sangat lekat dengan telegram. Dulu, mereka terbiasa mendengar ketukan pegawai kantor pos yang membawa telegram untuk mereka. Banyak keluarga menggunakan telegram untuk mengabarkan kelahiran dan kematian anggota keluarga. Pemerintah India menggunakan telegram untuk merekrut pegawai, sementara kaum muda yang dimabuk asmara saling berkirim kabar kepada pacarnya.

Namun, kini sudah tak ada lagi telegram. Senin depan, Perusahaan Telekomunikasi India akan mengirimkan telegram terakhir di negara itu. Layanan jasa telegram akan ditutup karena kini orang lebih akrab dengan surel, sambungan telepon yang makin bisa diandalkan, dan telepon seluler yang ada di mana-mana. Fakta bahwa telegram bertahan selama ini merupakan bukti seberapa dalam telegram tersebut merasuk ke dalam struktur masyarakat India. (Reuters/LOK)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.