Kompas.com - 13/07/2013, 06:50 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani
WASHINGTON, KOMPAS.com — Juru Bicara Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, Jen Psaki, mengeluarkan pernyataan terkait penahanan Presiden terguling Mesir Muhammad Mursi, Jumat (12/7/2013) petang waktu setempat. Pernyataan ini menjadi sikap pertama Amerika atas persoalan Mesir.

Psaki mengatakan, penahanan Mursi dan anggota Ikhwanul Muslimin "bermotif politik". Karena itu, Pemerintah Amerika Serikat mendesak militer Mesir membebaskan Mursi dan para pemimpin Ikhwanul Muslimin tersebut.

Mursi, Presiden pertama Mesir yang dipilih lewat pemilu, digulingkan militer pada Rabu (3/7/2013). Pemerintahan sementara telah dibentuk dengan seorang ketua pengadilan tertinggi sebagai presiden sementara.

Menyusul penggulingan Mursi ini, bentrok demonstran pendukung dan anti-Mursi terjadi dan menelan korban jiwa. Militer pun terekam menembaki para pendukung Mursi yang sedang shalat subuh meski mereka berkilah penembakan dilakukan karena ada "teroris" dalam barisan pendukung Mursi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber CNN.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.