Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Lalu, Singapura Catat Angka Bunuh Diri Tertinggi

Kompas.com - 12/07/2013, 23:03 WIB
SINGAPURA, KOMPAS.com — Jumlah korban bunuh diri di Singapura sepanjang tahun 2012 tercatat sebanyak 487 orang. Angka ini adalah yang tertinggi sepanjang sejarah negeri kota itu.

Organisasi amal, Samaritans of Singapore (SOS), dalam laporannya, menyatakan jumlah korban bunuh diri itu meningkat 29 persen dibanding 2011. Peningkatan itu disebabkan penambahan pelaku bunuh diri berusia 20-29 tahun hingga 80 persen,

"Masalah utama yang menyebabkan bunuh diri adalah tekanan kehidupan dan masalah hubungan antar-personal," kata SOS yang menyediakan layanan konsultasi 24 jam untuk mengurangi angka bunuh diri.

"Masalah pemicu bunuh diri termasuk tak memiliki pekerjaan, tekanan belajar atau kerja, masalah keuangan, kehidupan keluarga, dan interaksi sosial serta perasaan kesepian," lanjut SOS.

Direktur Eksekutif SOS Christine Wong mengatakan, para pemuda Singapura yang hidup tertekan cenderung menyembunyikan masalah mereka.

"Mereka tidak tahu harus mencari pertolongan ke mana dan kepada siapa," kata Christine.

"Orang-orang di sekitar mereka kemungkinan tidak menyadari masalah mereka sehingga tidak bisa memberikan pertolongan yang diinginkan," tambah Christine.

Dia menambahkan, masyarakat harus memainkan peran penting dalam mengurangi angka bunuh diri dengan mendorong orang-orang yang tengah dalam tekanan untuk mau membagi masalah mereka.

Sebagai lembaga sosial, SOS melayani 39.994 telepon konsultasi sepanjang 2012. Jumlah ini menurun dari 40.025 telepon pada 2011.

Angka bunuh diri di Singapura "menyumbang" dua persen dari total angka kematian di negeri itu. Penduduk negeri kota itu memahami salah satu penyebab bunuh diri adalah sistem pendidikan yang terlalu berat.

Menurut hukum Singapura, bunuh diri adalah tindakan kriminal. Pelaku bunuh diri yang selamat bisa dijatuhi hukuman penjara maksimal selama satu tahun dan denda.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tahun lalu mengatakan, satu juta orang tewas bunuh diri di seluruh dunia setiap tahun. Angka ini jauh lebih besar dibanding penggabungan korban tewas akibat perang dan pembunuhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com