Kompas.com - 12/07/2013, 22:24 WIB
EditorErvan Hardoko
MOSKWA, KOMPAS.com — Mantan teknisi CIA, Edward Snowden, akan berupaya mendapatkan suaka sementara di Rusia. Demikian pernyataan para aktivis HAM yang menemui Snowden di Bandara Sheremetyevo, Moskwa, Jumat (12/7/2013).

"Snowden sangat serius ingin mendapatkan suaka politik di Federasi Rusia," kata seorang anggota parlemen pro-Kremlin yang hadir dalam pertemuan dengan Snowden, Vyacheslav Nikonov.

Mendengar pernyataan Snowden ini, Juru Bicara Presiden Vladimir Putin mengulangi kembali persyaratan yang diajukan Rusia jika Snowden ingin tinggal di Rusia.

"Dia harus menghentikan kegiatannya mengganggu kepentingan AS jika dia menginginkan suaka politik dari Rusia," kata Dmitry Peskov.

"Kami harus memastikan dulu informasi ini sebab sejauh yang kami tahun, dia (Snowden) mengondisikan dirinya sebagai pejuang HAM dan demokrasi," tambah Peskov.

Foto Snowden yang diambil oleh salah seorang peserta pertemuan dengan cepat muncul di media sosial dan situs-situs berita. Dia mengenakan jaket abu-abu dan tampak dalam kondisi sehat.

Snowden (30) belum pernah terlihat di muka publik sejak kedatangannya di bandara Moskwa tiga pekan lalu. Sementara para pejabat Rusia sudah mulai gerah dengan keberadaannya.

Namun, Snowden tak bisa berbuat apa-apa karena tak ada satu pun jalur aman untuk mencapai negara-negara yang menawarinya suaka politik.

Venezuela, Bolivia, dan Nikaragua telah menawari suaka politik, tetapi sejauh ini Snowden belum secara terbuka menjelaskan rencananya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Reuters
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.