Kompas.com - 12/07/2013, 17:00 WIB
EditorErvan Hardoko
MOSKWA, KOMPAS.com — Buronan paling dicari AS saat ini, Edward Snowden, Jumat (12/7/2013), meminta pertemuan dengan aktivis HAM dan pengacara Rusia di bandara Sheremetyevo, Moskwa.

Kantor berita Interfax melaporkan, mereka yang diundang ke bandara Moskwa, tempat Snowden berlindung selama tiga pekan terakhir, termasuk perwakilan Amnesti Internasional, Human Right Watch, dan Transparansi Internasional.

Salah seorang pengacara terkemuka asal Moskwa, Genrikh Padva, mengatakan, dia menerima undangan untuk datang dalam sebuah pertemuan di bandara Sheremetyevo, Jumat siang.

"Saya menerima sepucuk surat darinya dan bandara Moskwa juga menelepon saya," kata Padva sambil menambahkan kemungkinan besar dirinya tidak bisa hadir dalam pertemuan itu.

Sementara itu, perwakilan Amnesti Internasional di Moskwa, Sergei Nikitin, mengatakan, organisasi itu menerima surat elektronik dari Snowden dan berencana akan hadir di bandara.

Sementara Elena Panfilova dari Transparansi Internasional mengatakan, lembaga itu sebenarnya tengah "mendiskusikan" masalah Snowden ketika undangan itu datang.

"Surat elektronik itu datang dengan sebuah alamat aman dengan nama Snowden," kata Panfilova.

Seorang sumber di bandara Sheremetyevo kepada Interfax mengatakan, Snowden ingin menyampaikan sesuatu kepada para aktivis HAM dan pengacara.

"Dia (Snowden) ingin mengungkapkan opininya terkait upaya AS mengejarnya yang artinya seluruh penumpang penerbangan menuju Amerika Selatan berada dalam bahaya," kata sumber itu.

Namun, sumber tersebut tidak memberikan rincian lebih lanjut, tetapi sejumlah negara Amerika Selatan berhaluan kiri seperti Venezuela dan Ekuador, nampaknya menjadi tujuan Snowden demi mendapatkan suaka politik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.