Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Snowden Undang Aktivis HAM dan Pengacara ke Bandara Moskwa

Kompas.com - 12/07/2013, 17:00 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com — Buronan paling dicari AS saat ini, Edward Snowden, Jumat (12/7/2013), meminta pertemuan dengan aktivis HAM dan pengacara Rusia di bandara Sheremetyevo, Moskwa.

Kantor berita Interfax melaporkan, mereka yang diundang ke bandara Moskwa, tempat Snowden berlindung selama tiga pekan terakhir, termasuk perwakilan Amnesti Internasional, Human Right Watch, dan Transparansi Internasional.

Salah seorang pengacara terkemuka asal Moskwa, Genrikh Padva, mengatakan, dia menerima undangan untuk datang dalam sebuah pertemuan di bandara Sheremetyevo, Jumat siang.

"Saya menerima sepucuk surat darinya dan bandara Moskwa juga menelepon saya," kata Padva sambil menambahkan kemungkinan besar dirinya tidak bisa hadir dalam pertemuan itu.

Sementara itu, perwakilan Amnesti Internasional di Moskwa, Sergei Nikitin, mengatakan, organisasi itu menerima surat elektronik dari Snowden dan berencana akan hadir di bandara.

Sementara Elena Panfilova dari Transparansi Internasional mengatakan, lembaga itu sebenarnya tengah "mendiskusikan" masalah Snowden ketika undangan itu datang.

"Surat elektronik itu datang dengan sebuah alamat aman dengan nama Snowden," kata Panfilova.

Seorang sumber di bandara Sheremetyevo kepada Interfax mengatakan, Snowden ingin menyampaikan sesuatu kepada para aktivis HAM dan pengacara.

"Dia (Snowden) ingin mengungkapkan opininya terkait upaya AS mengejarnya yang artinya seluruh penumpang penerbangan menuju Amerika Selatan berada dalam bahaya," kata sumber itu.

Namun, sumber tersebut tidak memberikan rincian lebih lanjut, tetapi sejumlah negara Amerika Selatan berhaluan kiri seperti Venezuela dan Ekuador, nampaknya menjadi tujuan Snowden demi mendapatkan suaka politik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com