Kompas.com - 11/07/2013, 23:11 WIB
EditorErvan Hardoko
LONDON, KOMPAS.com — Sebuah kelompok analis masalah pertahanan yang berbasis di Inggris, Kamis (11/7/2013), mengklaim Arab Saudi selama ini mengarahkan rudal-rudal balistiknya ke arah Iran dan Israel dari lokasi rahasia.

Citra satelit menunjukkan lokasi peluncuran rudal balistik dengan arah kemungkinan besar menuju Iran dan Israel. Demikian paparan IHS Jane's Intelligence.

Jika paparan ini benar, maka pangkalan rudal balistik yang terdapat di tengah-tengah gurun pasir Saudi ini adalah pangkalan rudal ketiga yang berhasil diidentifikasi di negeri kaya minyak itu.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa pangkalan ini sebagian atau sepenuhnya beroperasi, dengan arah peluncuran menuju ke Israel dan Iran," kata Asisten Editor IHS Jane's Intelligence Review, Robert Munks.

Tempat peluncuran itu didesain untuk kereta peluncuran misil DF-3 milik Arab Saudi yang harus diarahkan ke sasaran sebelum diluncurkan. Demikian laporan harian The Daily Telegraph.

Fasilitas militer Saudi itu memiliki dua tempat peluncuran, satu tertuju ke arah 301 derajat menuju Israel dan lainnya mengarah ke titik 10 derajat atau Iran.

"Kami tidak bisa memastikan apakah rudal-rudal itu secara spesifik ditujukan ke Tel Aviv atau Teheran. Namun, jika rudal-rudal itu diluncurkan maka sudah pasti sasarannya adalah kota besar," lanjut Munks.

"Kami tak ingin terlalu menyimpulkan strategi Saudi, namun sangat jelas negara itu tidak memiliki hubungan baik dengan Iran dan Israel," tambah Munks.

Arab Saudi, yang adalah sebuah kerajaan Sunni, berulang kali mengutarakan kekhawatirannya akan serangan nuklir dari Iran yang mayoritas penduduknya adalah pemeluk Syiah.

Selain itu, Arab Saudi juga sangat khawatir dengan kemampuan persenjataan nuklir yang dimiliki Israel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.