Kompas.com - 11/07/2013, 20:41 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com — Pemerintah Nepal memutuskan mengirimkan pasukan penjaga perdamaian di bawah PBB ke Suriah. Menurut warta AP pada Kamis (11/7/2013), keputusan itu berasal dari pertemuan konsultasi kementerian di Singh Durbar. "Kami mendapat surat permintaan dari PBB untuk tugas tersebut," kata Menteri Luar Negeri Nepal Madhav Prasad Ghimire.

Sampai kini, sesi pertama pasukan penjaga perdamaian asal Nepal berkekuatan 130 orang. Tim akan ditarik pada Juli ini. "Nantinya, akan ada 130 anggota pasukan penjaga perdamaian yang dikirim ke Suriah pada September mendatang," kata Ghimire.

Pasukan Nepal menjadi bagian dari Pasukan Misi Supervisi PBB untuk Suriah (UNSMIS). Misi ini dibentuk pada 2012 seturut Resolusi Dewan Keamanan PBB Nomor 2043.

Nepal bukanlah peserta baru dalam pasukan perdamaian PBB. Sejak 1950, Nepal sudah mengirimkan 100.000 tentaranya untuk bertugas di berbagai misi internasional PBB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.