Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanda Bahaya Sejuta Pengungsi Suriah

Kompas.com - 11/07/2013, 16:38 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Sejuta lebih pengungsi Suriah yang berada di Lebanon adalah tanda bahaya. Sinyal ini, tulis APpada Kamis (11/7/2013), disampaikan pihak Lebanon lantaran makin membeludaknya jumlah para pengungsi tersebut demi menghindari perang sipil di negeri mereka.


Sementara itu, catatan PBB menunjukkan ada 587.000 pengungsi baru Suriah yang terdaftar. Tapi, Duta Besar Lebanon untuk PBB Nawaf Salam mengatakan jauh lebih banyak pengungsi Suriah yang tidak terdaftar. "Mereka kebanyakan tinggal di rumah sanak saudara mereka,"katanya.

Sebelumnya, menurut Salam, sudah ada sekitar 500.000 pengungsi asal Suriah yang tinggal di Lebanon saat perang saudara pecah sekitar dua tahun silam.

Salam menambahkan, sejatinya Lebanon adalah negara dengan penduduk empat juta jiwa. Sejuta pengungsi Suriah di Lebanon bisa menjadi pemicu munculnya kembali sensitivitas politik di negeri itu. "Lebanon pernah mengalami perang saudara pada masa 1980-an lantaran pertikaian politik,"kata Salam mengingatkan.

Pada bagian lain, menurut catatan PBB, ada sekitar 1,7 juta pengungsi Suriah lainnya yang saat ini menuju Jordania, Turki, dan Lebanon. Lagi-lagi mereka menghindari diri dari dampak meluasnya perang saudara di Suriah. "Kebanyakan dari para pengungsi adalah anak-anak,"demikian catatan PBB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com