Kompas.com - 11/07/2013, 16:38 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com - Sejuta lebih pengungsi Suriah yang berada di Lebanon adalah tanda bahaya. Sinyal ini, tulis APpada Kamis (11/7/2013), disampaikan pihak Lebanon lantaran makin membeludaknya jumlah para pengungsi tersebut demi menghindari perang sipil di negeri mereka.


Sementara itu, catatan PBB menunjukkan ada 587.000 pengungsi baru Suriah yang terdaftar. Tapi, Duta Besar Lebanon untuk PBB Nawaf Salam mengatakan jauh lebih banyak pengungsi Suriah yang tidak terdaftar. "Mereka kebanyakan tinggal di rumah sanak saudara mereka,"katanya.

Sebelumnya, menurut Salam, sudah ada sekitar 500.000 pengungsi asal Suriah yang tinggal di Lebanon saat perang saudara pecah sekitar dua tahun silam.

Salam menambahkan, sejatinya Lebanon adalah negara dengan penduduk empat juta jiwa. Sejuta pengungsi Suriah di Lebanon bisa menjadi pemicu munculnya kembali sensitivitas politik di negeri itu. "Lebanon pernah mengalami perang saudara pada masa 1980-an lantaran pertikaian politik,"kata Salam mengingatkan.

Pada bagian lain, menurut catatan PBB, ada sekitar 1,7 juta pengungsi Suriah lainnya yang saat ini menuju Jordania, Turki, dan Lebanon. Lagi-lagi mereka menghindari diri dari dampak meluasnya perang saudara di Suriah. "Kebanyakan dari para pengungsi adalah anak-anak,"demikian catatan PBB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.