Kompas.com - 11/07/2013, 09:05 WIB
EditorEgidius Patnistik
BANGALORE, KOMPAS.com — Pemerintah Negara Bagian Karnataka di India telah mengeluarkan peraturan yang mengharuskan bartender perempuan mengenakan pakaian yang "sopan".

Menurut pedoman tersebut, bartender perempuan harus mengenakan celana panjang dan kemeja lengan panjang, dengan atau tanpa blazer atau jas Punjab, guna mencegah tersingkapnya bagian tubuh mereka.

Pemerintah Karnataka mengeluarkan peraturan itu setelah para pemilik bar dan restoran mengajukan gugatan hukum untuk mencegah polisi menutup bar dan restoran yang mempekerjakan perempuan.

Pengadilan Tinggi di ibu kota negara bagian Bangalore memerintahkan polisi untuk mengizinkan perempuan bekerja sebagai bartender setelah menerima pedoman cara berpakaian dari pemerintah negara bagian.

Polisi diberi wewenang untuk mencabut lisensi bar jika karyawan perempuannya tidak menaati tata tertib berpakaian. Peraturan baru itu juga melarang bar-bar mempekerjakan perempuan untuk berdansa atau melakukan bentuk hiburan lainnya. Selain itu, perilaku pengunjung yang tidak senonoh terhadap perempuan juga dilarang.

Asosiasi Pemilik Bar dan Restoran yang mempekerjakan perempuan telah menggugat peraturan baru itu. Pengacara asosiasi tersebut, R Gopalakrishna, mengatakan, peraturan itu menyebabkan biaya tambahan pada pihak bar dan restoran yang mempekerjakan perempuan karena harus menyediakan pakaian yang sopan dan transportasi antar-jemput.

Peraturan itu akan ditinjau ulang dalam tiga bulan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.