Kompas.com - 11/07/2013, 08:42 WIB
EditorEgidius Patnistik
CARACAS, KOMPAS.com — Seorang menteri Pemerintah Venezuela, Rabu (10/7/2013), mendesak warga untuk menutup akun Facebook demi mencegah mereka secara tidak sadar menjadi informan buat Central Intelligence Agency (CIA), badan mata-mata AS. Desakan tersebut merujuk pada terbongkarnya skandal program pengintaian AS terhadap para pengguna internet.

Seorang mantan pengawai kontrak Badan Keamanan Nasional (National Security Agency/NSA) AS, Edward Snowden, yang kini terjebak di bandara Moskwa, Rusia, dan tengah berupaya untuk menghindari penangkapan oleh pihak Amerika Serikat, bulan lalu membocorkan rincian usaha badan-badan intelijen AS mendapatkan informasi dari situs-situs populer di internet, termasuk Facebook.

"Comrades (kawan-kawan), tutup akun Facebook Anda, Anda sedang bekerja secara gratis sebagai informan CIA. Tinjaulah kasus Snowden!" tulis Menteri Lembaga Pemasyarakatan Venezuela, Iris Varela, di akun Twitter-nya.

Venezuela telah menawarkan suaka bagi Snowden, tetapi pria 30 tahun itu tidak memberi tanggapan dan tampaknya tidak bisa meninggalkan zona transit Bandara Internasional Sheremetyevo di Moskwa.

Snowden telah membongkar sebuah program yang dikenal sebagai Prism yang bergantung pada data pelanggan yang dipasok oleh perusahaan teknologi besar.

"Negara-negara dan orang-orang yang telah menjadi korban mata-mata gringo (AS) harus menuntut Amerika Serikat untuk mendapatkan kompensasi yang adil. Kita akan membangkrutkan ekonomi AS!" tulis Varela, yang dikenal karena retorika radikalnya dan pendukung almarhum Hugo Chavez.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
    Sumber Reuters


    Rekomendasi untuk anda
    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.